LazadaID

Kekuatan dan Keajaiban Cinta


Keterbatasan fisik tidak menghambat orang-orang besar dalam sejarah meraih sukses besar. Salah satu di antaranya Helen Keller, penulis, aktivis, dan pembicara seminar adalah penyandang tuna netra dan tuna rungu pertama meraih gelar Bachelor of Arts. Helan lulus dari Radecliffe College dengan magna cum laude di usianya yang ke-24. Sejak itu, Helen menggunakan seluruh hidupnya untuk meningkatkan kehidupan orang-orang tuna netra dan tuna rungu. Di tahun 1915, ia mendirikan Helen Keller International, organisasi nirlaba yang misisnya mencegah kebutaan.
Di sepanjang hidupnya, Helen Keller bepergian ke berbagai negara, bertemu dengan berbagai tokoh penting dan termasuk salah satu dari 100 Most Important People of THe Century dari majalah Time. Kelahiran Tuscumbia, Alabama, Amerika ini bukan hanya berhasil mengatasi kecatatan dan keterbatasannya, tapi juga memperjuangkan nasib para penyandang cacat untuk kehidupan yang lebih baik.
Suatu hari, ketika berkunjung ke Inggris, Ratu Victoria bertanya kepadanya, " Bagaimana Anda menjelaskan prestasi Anda yang luar biasa dalam hidup? Bagaimana Anda menjelaskan kenyataan, bahwa kendati pun tuna rungu dan tuna netra, Anda bisa begitu meraih banyak prestasi?"
Helen Keller menjelaskan, semua prestasi yang diraihnya adalah berkat dedikasi gurunya.
"Jika bukan karena Annie Sullivan, nama Helen Keller tidak akan pernah dikenal," katanya.

Annie Sullivan juga mengalami kehidupan yang penuh cobaan dan tantangan. Ia kehilangan sebagian besar penglihatannya ketika umur 5 tahun akibat demam. Ketika Ia berumur 10 tahun, ibunya meninggal dan ayahnya meninggalkannya. Ia dan saudara laki-lakinya dikirim ke panti anak miskin. Saudaranya meninggal disana dan Annie kecil, begitu panggilannnya, dianggap gila oleh pengasuhnya. Annie dikurung di basement sebuah rumah sakit jiwa di luar Boston.
Annie kecil sesekali menyerang siapapun yang mendekatinya, tapi pada sebagian besar waktu, ia mengacuhkan semua orang yang ada di dekatnya.
Ketika semua orang menganggap Annie kecil sebagai anak yang tak punya harapan, seorang biarawati lanjut usia yakin, Annie masih bisa disembuhkan. Ia akan bertekad menunjukkan kasih sayang kepada Annie kecil. Kendatipun Annie keci ltidak menyadari kehadirannya, suster biarawati itu terus saja mengunjungi Annie. Setiap kali datang, ia membawakan kue dan bicara kepada Annie dengan penuh kasih sayang dan memberikan dorongan. Ia yakin, Annie kecil bisa sembuh jika diberi kasih sayang dan cinta.
Beberapa saat kemudian, dokter akhirnya melihat perubahan dalam Annie kecil. Annie tidak lagi penuh kemarahan dan kekerasan, tapi jadi lembut dan bisa menunhukkan kasih sayang. Annie lalu dipindahkan ke lantai atas dan kondisinya terus membaik.. Suatu hari, Annie yang dianggap sebagai anak yang tak punya harapan itu boleh meninggalkan rumah sakit jiwa dan diyatakan sembuh.
Kasih sayang suster biarawati tua membuat Annie Sullivan muda ingin membantu orang lain seperti dirinya dibantu oleh suster yang baik. Annie menjalani operasi mata dua kali sehingga penglihatannya cukup untuk membaca huruf cetakan untuk waktu singkat. Ketika lulus sekolah, Annie luar biasa sulit mendapatkan pekerjaan.
Suatu hari, ketika ditawarkan mengajari Helen Keller yang tuna rungu dan tuna netra, ia menerimanya dengan senang hati kendatipun tak punya pengalaman di bidang itu. Begitu tiba di rumah Helen, ia mengajari Helen mengeja dengan jari. Helen bisa mengulang gerakan-gerakan jari ini, tapi tak bisa memahami apa maksudnya. Annie mengalami kesulitan besar, selain sulit membantu Helen mengerti makna kata-kata, ia juga mencoba mengendalikan perilaku Helen yang liar. Helen kecil membanting piring dan lampu, meneror semua orang di rumah dengan teriakan dan amukan kemarahan. Sanak familinya sampai menjuliki monster....Sebelum Annie datang, Helen hampir dimasukkan ke dalam rumah sakit jiwa.
Pengalaman dengan suster baik itu membuat Annie memperlakukan Helen secara baik dan lemah lembut. Ia segera melihat potensi besar dalam diri Helen, menyayanginya, mendisiplinkannya, bermain dengannya, mendorongnya, dan bekerja bersamanya sampai nyala kehidupan Helen menerangi dunia. Annie Sullivan adalah keajaiban bagi hidup Helen, tapi adalah suster yang yang baik hati, yang mencintai dan percaya pada Annie kecil yang sudah tak kenal orang, yang mengubahnya. " Jika bulan karena Annie Sullivan, nama Helen Keller tetap tak akan dikenal."
Jika bukan karena dedikasi suster biarawati yang baik hati, nama Annie Sullivan juga taka akan pernah dikenal. Dan ini bisa diteruskan lagi. Suater biarawati yang baik hati itu mungkin juga menerima kebaiakan dan cinta dari seseorang yang lain dan begitu seterusnya. Cinta akan menumbuhkan cinta. Kebaikan akan melahirkan kebaikan. Orang yang mendapatkan cinta akan memberikan cinta. Dengan begitu, cinta diterusakan dari generasi ke generasi, memberikan pengaruh yang luar biasa......." Kekuatan cinta memang luar biasa. Sekali dinyalakan, akan berkobar sampai selamanya "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Creat your comment in here........!!! Thanks.